Pada tanggal 23-24 Maret 2021, dilaksanakan Rapat Revisi Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan Kode Etik Asosiasi Crop Care Indonesia dengan memperhatikan rekomendasi rapat koordinasi Pengurus, Penasihat dan Dewan Kode Etik Asosiasi Crop Care Indonesia yang dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 22 Juli 2020 tentang perlunya dilakukan revisi Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan Kode Etik Asosiasi Crop Care Indonesia untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan organisasi serta perkembangan bisnis pestisida dan pupuk kedepan.

Hasil pembahasan Tim Kerja Revisi Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga serta Kode Etik telah dilaporkan kepada Ketua Umum untuk selanjutnya akan dibahas dan disahkan dalam Rapat Umum Tahunan Anggota yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 April 2021.

Untuk mengurangi/meminimalkan masalah/hambatan yang dihadapi anggota Asosiasi Crop Care Indonesia dalam proses pendaftaran pestisida pada aplikasi online Generasi-2, Pengurus Asosiasi Crop Care Indonesia melakukan pertemuan dan diskusi dengan Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pestisida dan Direktorat Pupuk dan Pestisida di Hotel Park Regis Kemang pada tanggal 15 Maret 2021.

Diskusi dilakukan secara virtual dan tatap muka/langsung yang dihadiri oleh anggota Asosiasi Crop Crop Care sebanyak 18 orang (mewakili Tim Registrasi Pestisida) dan 15 orang ikut secara virtual/online. Dalam pertemuan dan diskusi tersebut, langsung dilakukan simulasi perbaikan terhadap masalah/hambatan dalam aplikasi online Generasi-2.

   

(virtual)

(tatap muka/langsung)

 

(Sambutan Direktur IKH)

(Penyampaian materi oleh Bapak Udi Iswadi, SE, MM ) 

 

Webinar Industri Asosiasi Crop Care Indonesia dilaksanakan secara virtual pada tanggal 8 Februari 2021 mengacu pada Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 19 Tahun 2019 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Darurat Bahan Kimia dalam Kegiatan Usaha Industri Kimia. Peserta pelatihan dihadiri oleh Pimpinan Pabrik dan bagian/divisi Quality Management yang berjumlah 77 orang dari 27 perusahaan anggota Asosiasi Crop Care Indonesia.

Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman anggota Asosiasi Crop Care Indonesia tentang HAZOPs dan penyusunan dokumen industri dalam pemenuhan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 19 Tahun tentang pencegahan dan penanggulangan darurat bahan kimia dalam kegiatan usaha industri.

Narasumber pada pelatihan ini adalah Bapak Udi Iswadi, SE, MM yang menyampaikan 2 materi yaitu tentang HAZOPs dan Penyusunan Dokumen Pemenuhan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 19 tahun 2019. 

Komite Registrasi melaksanakan Sosialisasi Lembaga PPC yang dihadiri oleh anggota Asosiasi Crop Care dengan Lembaga PPC yang telah ditunjuk oleh Kementerian Pertanian, yaitu PT SGS Indonesia, PT Anugerah Analis Sempurna, Pusat Penelitian Bioteknologi Bio Industri Indonesia dan PT Angler Biochemlab.

Sosialisasi ini dilaksanakan oleh Asosiasi Crop Care Indonesia secara virtual via aplikasi zoom pada tanggal 24 November 2020 mengacu pada Peraturan Menteri Pertanian Nomor 43 Tahun 2019, BAB VI Pasal 53 ayat 2 tentang Petugas Pengambil Contoh (PPC).

Narasumber pada sosialisasi ini adalah PT SGS Indonesia, PT Anugrah Analis Sempurna, Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia, PT Angler Biochemlab dengan waktu dan penyampaian materi yang sudah ditentukan oleh panitia pelaksana dari Asosiasi Crop Care Indonesia.

Pelatihan Pendaftaran Pupuk Gen 2 dilaksanakan secara virtual pada tanggal 19 November 2020 dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman anggota Asosiasi Crop Care Indonesia dalam pendaftaran pupuk menggunakan aplikasi online Generasi-2. Peserta yang hadir pada pelatihan tersebut sebanyak 56 orang dari 40 perusahaan anggota Asosiasi Crop Care Indonesia.

Narasumber pada pelatihan ini adalah Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian yang dihadiri oleh Bapak Dwi Herteddy, S.E.,M.P dan Bapak Denny Amrin serta Direktorat Pupuk dan Pestisida yang dihadiri oleh Bapak Budi Hanafi, ST, Ibu Debora Riana Purba, SP, Ibu Itsna Ayu Mustikaningrum, dan Ibu Ir. Yustina Retno Widiati, MM. Peserta pelatihan berjumlah 57 orang dari 39 perusahaan anggota Asosiasi Crop Care Indonesia.